2016/09/22

Jual drum air untuk membuat Fermentasi Anaerob Sederhana – Part 2

Jual drum air untuk membuat Fermentasi Anaerob Sederhana – Part 2

Tahapan Pembuatan

  • Tahap pertama dalam pembuatan wadah Fermentasi Anaerob yaitu melubangi penutup drum plastik bekas (*jika memilih drum) menggunakan alat bor dengan diameter Ø 6mm. Sebagai catatan penggunaan mata bor d=Ø 6mm jika Anda menggunakan valve ban bekas. Banyak orang memanfaatkan valve ban bekas karena tipe ini memiliki pasangan mur dan mudah didapatkan di banyak tukang tambal ban.

Kelep / valve ban bekas
  • Setelah tutup drum dilubangi lalu lakukan pemasangan valve ban yang sudah dihilangkan bagian dalamnya sebagai tempat pembuangan gas pada saat proses berlangsungnya fermentasi bahan organik terjadi. Setelah itu pasang ring plate di valve bagian dalam maupun luar tutup drum sebelum ditempelkan dengan mur.  Nah, sampai tahap ini langkah pembuatan wadah fermentasi sudah selesai, selanjutnya tinggal memasangkan selang pembuangan saluran menuju botol bekas yang sudah berisi air.

jual drum air

Manfaat Fermentasi Sistem Anaerob
  • Manfaat yang akan didapatkan dari proses fermentasi dengan menggunakan drum plastik bekas sebagai wahdah sistem anaerob yaitu untuk meningkatkan tingkat kualitas pupuk dan pestisida organik yang dihasilkan. Karena pada saat proses fermentasi  berlangsung, mikroba pengurai bahan organik akan memproduksi gas dalam jumlah besar. Jika proses fermentasi anaerob atau (tidak membutuhkan Udara) dalam keadaan drum tertutup rapat, dapat mengakibatkan drum pecah atau meledak. Begitu pun sebaliknya, jika melakukan fermentasi aerob atau dalam keadaan drum terbuka, akan  dikhawatirkan terjadi kontaminasi oleh bakteri merugikan/ patogen. Solusi terbaik yaitu memanfaatkan fermentasi pupuk organik cair  menggunakan drum sistem anaerob.

Fungsi Botol Bekas Isi Air

  • Fungsi dari botol bekas berisikan air adalah sebagai perangkap atau bahasa keren-nya yaitu (Water Trap) , dimana fungsi dari air dalam botol dapat mencegah bakteri patogen / partikel asing yang merugikan masuk ke dalam drum plastik bekas fermentasi ketika proses penguraian berlangsung.
Nah, Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara Membuat wadah Fermentasi Anaerob Sederhana . Semoga bermanfaat untuk kita semua, Jika ada hal yang kurang dimengerti  mohon saran atau permintaan maaf dari kami.

JUAL DRUM JERIGEN PLASTIK BESI BEKAS

HUBUNGI:
PAK ERWIN
08129990294

Tidak ada komentar:

Posting Komentar